Tuesday, September 28, 2010

Pasangan Sejati Memiliki "Satu Rasa"

Pernah merasa pasangan Anda memiliki kekuatan untuk membaca pikiran Anda? Jika pernah, itulah yang disebut beberapa peneliti dari Universty Of Technology, Sydney, Australia sebagai 'indera keenam'.

Dr Trisha Stratford dari Universty Of Technology menemukan bahwa pasangan sejati akan bisa membaca pikiran satu sama lain ketika otak mereka bekerja secara selaras.

Awalnya ia mempelajari aktifitas otak dan detak jantung dari 30 sukarelawan selama sesi konseling kejiwaan.

Ia menemukan satu saat yang sangat menentukan ketika otak konselor dan pasiennya mulai bekerja secara selaras dan dalam sebuah situasi yang disebut altered state.

"Ketika itu berlangsung kita bisa saling membaca otak dan tubuh satu sama lain pada tingkatan yang lebih dalam, sebuah indera keenam," kata Startford.

Selama tahapan altered state, bagian otak yang bertugas untuk mengontrol sistem saraf dari baik pasien maupun konselor mulai berdetak bersama dan seirama.

Tim peneliti itu menemukan bahwa terdapat pola-pola identik dalam aktifitas otak dari para sukarelawan dalam penelitian itu, yang memang telah lama memiliki ikatan psikologi yang erat.

Para peneliti percaya hal itu juga mengarah pada prilaku dari para pasangan, teman akrab, atau keluarga.

Para psikolog sejak lamam mengetahui bahwa beberapa pasangan belajar berusaha untuk belajar berpikir seperti pasangan mereka untuk mengetahui apa yang dipikirkan satu sama lain. (Fat/At)

No comments:

Post a Comment