Thursday, July 10, 2008

Ereksi di Pagi Hari Apa Artinya?

 

 
Ereksi di Pagi Hari Apa Artinya?

Oleh: Prof.DR.Dr. Wimpie Pangkahila, Sp. And, Dokter Ahli Andrologi dan Seksologi

Kasus:

"Saya seorang pemuda berumur 21 tahun. Selama enam bulan ini saya mengalami gangguan pada alat kelamin. Setiap pagi penis saya tidak ereksi dan sering sakit pada testis. Yang ingin saya tanyakan, mengapa saya mengalami itu? Saya juga sering onani dan kadang-kadang mimpi basah setiap malam selama 3 hari berturut turut. Apa itu memengaruhi sehingga saya tidak ereksi di pagi hari dan testis terasa sakit? Jantung saya sering berdebar-debar, apakah itu memengaruhi? Apakah penyakit ini bisa sembuh? Bagaimana caranya? Makanan apa yang harus saya hindari, dan apa yang sebaiknya saya konsumsi?"

(Anto, Jakarta)

Jawaban:

Sisa Ereksi


Ereksi penis yang terjadi spontan pada pagi hari sebenarnya merupakan sisa ereksi yang terjadi pada malam hari selama tidur. Pria normal dan sehat mengalami beberapa kali ereksi yang terjadi spontan selama tidur malam.

Pada usia remaja, frekuensi ereksi pada malam hari cukup sering, dan sisanya dirasakan ketika bangun tidur pada pagi hari. Frekuensi ereksi malam hari itu semakin jarang dengan bertambahnya usia. Demikian juga bila pria mengalami penyakit atau gangguan tertentu, atau sering melakukan hubungan seksual sampai mencapai orgasme.

Kalau Anda merasa tidak pernah ereksi pada pagi hari, bukan berarti ereksi yang terjadi spontan selama tidur malam tidak terjadi. Mungkin saja ereksi tetap terjadi selama tidur pada malam hari, tetapi sisa ereksinya tidak Anda rasakan lagi pada pagi hari.

Misalnya, kalau Anda terlambat bangun tidur pagi hari, sisa ereksi yang terjadi selama tidur malam, sudah tidak dirasàkan lagi. Mungkin juga karena Anda sering melakukan masturbasi sampai mencapai orgasme, frekuensi ereksi yang terjadi spontan selama tidur malam menjadi berkurang.

Mengalami Perubahan

Saya pikir Anda tidak memerlukan pengobatan apa pun hanya karena merasa tidak pernah lagi mengalami ereksi pada pagi hari. Lain halnya bila Anda mengalami penyakit tertentu yang berpengaruh terhadap fungsi ereksi.

Mengenai testis yang terasa sakit, tentu diperlukan pemeriksaan untuk menentukan apa yang sebenarnya Anda alami. Melalui pemeriksaan dapat diketahui apakah testis mengalami perubahan ukuran, perubahan kekenyalan, dan bagaimana keadaan bagian lain di sekitar testis.

Kemungkinan yang terjadi ialah testis mengalami infeksi, mengalami benturan atau tekanan, atau bagian lain di sekitar testis yang mengalami gangguan. Tanpa pemeriksaan, sulit memastikan apa yang terjadi pada testis Anda. Berarti sulit juga memberikan pengobatan yang tepat.

Mengenai sering merasa berdebar, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda. Namun, kalau itu tidak mengganggu dan tak terjadi terus menerus, saya pikir Anda tidak perlu terlalu khawatir. @
Sumber: Senior

No comments:

Post a Comment